Deskripsi Masalah
Merupakan
tradisi dari Nahdliyin dan merupakan amalan dari para Ulama’ terdahulu adalah
amaliah tahlil dan istighosah. Salah satu dari bacaan didalamnya adalah لااله الا الله ,namun
sebelumnya biasanya diawali dengan
kalimat حي موجود , Sedang
lafadz موجود dalam arti bahasanya
adalah diwujudkan atau diadakan, padahal Alloh SWT adalah wujud tidak ada awal
dan tidak ada akhirnya.
Pertanyaan
1.
Bagaimana menanggapi kalimah
موجود tersebut…?
2.
Boleh apa tidak ?
Jawaban :
1. Lafadz “ Maujud “ yang
disandarkan pada Alloh SWT dan Makhluk itu hanya persamaan lafadz saja (
isytirok lafdzy ) karena wujud Alloh
adalah wujud Dzati Azaly (tidak ada permulaan) Abady (tidak ada akhir)
sedangkan wujudnya makhluk adalah wujud yang dibatasi dengan permulaan dan
akhiran. Didalam ilmu tauhid juga banyak kita temui diantaranya adalah الله موجود . Hal ini dibenarkan oleh ahli ilmu kalam dalam arti
ikhbar ( memberi tahu bahwa Alloh itu Ada ). Jadi lafadz موجود diatas
walaupun wazannya berbentuk isim maf’ul tetapi menggunakan makna dari isim
fa’il “ Mujid atau Wujud “
2.
Boleh sesuai dengan alasan
diatas
Referensi :
1.
Assibaq hal 122
2.
Ummu al-Baraahiin hal 75
3.
Ibnu Aqil
واشتراك المخلوق مع الخالق في الاتصاف
بالرحمة ونحوها إنما هو اشتراك لفظي مثل أن يقال: إن الله موجود والمخلوق موجود،
والفرق بين الوجودين: أن وجود الله ذاتي أزلي أبدي ووجود المخلوق استمده من الخالق
وهو وجود محدود ببداية ونهاية وغير ذلك].
(السباق الى العقول ًص ١٢٢)
Terjemah : Persamaan
makhluk beserta Kholiq didalam persifatannya Rohmah dll itu hanya persamaan
lafadz saja seperti ucapan :Bahwasanya Alloh itu maujud dan makhluk itu maujud.
Perbedaan diantara kedua wjud itu
adalah bahwasanya wujud Alloh adalah wujud Dzati Azaly (tidak ada permulaan)
Abady (tidak ada akhir) sedangkan wujudnya makhluk itu berasal dari Kholiq
yakni wujud yang dibatasi dengan permulaan dan akhiran dan lainya.
(قوله فيقال ذات مولانا جل و عز موجودة ) فيه ان هذا
من باب الاخبار لا من باب الوصف قيكون الوجود وقع محكوما به لا صفة لها. )ام البراهين للشيخ الدسوق ص ۷٥(
Terjemah : Kata
pengarang,’’Dikatakan bahwa Dzat Alloh itu maujudah” demikian itu termasuk bab
ikhbar (memberitahukan bahwa Alloh itu ada),tidak termasuk bab washf (mensifati
Dzat Alloh),sehingga الوجود berfungsi
sebagai mahkum bih untuk Dzat,bukan sebagai sifat.
ابن عقيل
: وَكُلُّ ماَ قُرِّرَ لاِسْمِ فَاعِلٍ
# يُعْطَى اسمَ مَفْعُوْلٍ بِلاَ
تَفَاضُلِ
Ibnu
Aqiil : Setiap
ketentuan yang ditetapkan untuk isim fa’il diberlakukan pula untuk isim maf’ul
(dalam hal tertentu)
شكراا كثيرا Lbmnu mojo koerto...👍👍👍👍
BalasHapusSyukron atas penjelasannya Lbmnu mojo kerto
BalasHapusشكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,, Terimakasih atas penjelasannya.. sangat membantu :D
BalasHapusشكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,, Terimakasih atas penjelasannya.. sangat membantu :D
BalasHapusSip
BalasHapusSip makasih ustadz
BalasHapusطوب
BalasHapusTerima kasih atas penjelasan nya Allah maha mengetahui
BalasHapusالحمدلله
BalasHapusKhaiyum atau hayyum
BalasHapus