SEKRETARIAT : JL. RAYA SUROMULANG 09 CSE SURODINAWAN PRAJURITKULON KOTA MOJOKERTO TELP. 08563497220

Senin, 01 Desember 2014

MENGUCAPKAN HAYYUN MAUJUD

Deskripsi Masalah
Merupakan tradisi dari Nahdliyin dan merupakan amalan dari para Ulama’ terdahulu adalah amaliah tahlil dan istighosah. Salah satu dari bacaan didalamnya adalah لااله الا الله  ,namun
sebelumnya biasanya diawali dengan kalimat حي موجود   , Sedang lafadz موجود dalam arti bahasanya adalah diwujudkan atau diadakan, padahal Alloh SWT adalah wujud tidak ada awal dan tidak ada akhirnya.
Pertanyaan
1.       Bagaimana menanggapi kalimah موجود tersebut…?
2.       Boleh apa tidak   ?
Jawaban :
1.     Lafadz “ Maujud “ yang disandarkan pada Alloh SWT dan Makhluk itu hanya persamaan lafadz saja ( isytirok lafdzy )  karena wujud Alloh adalah wujud Dzati Azaly (tidak ada permulaan) Abady (tidak ada akhir) sedangkan wujudnya makhluk adalah wujud yang dibatasi dengan permulaan dan akhiran. Didalam ilmu tauhid juga banyak kita temui diantaranya adalah الله موجود . Hal ini dibenarkan oleh ahli ilmu kalam dalam arti ikhbar ( memberi tahu bahwa Alloh itu Ada ). Jadi lafadz موجود diatas walaupun wazannya berbentuk isim maf’ul tetapi menggunakan makna dari isim fa’il “ Mujid atau Wujud “
2.        Boleh sesuai dengan alasan diatas
Referensi :
1.        Assibaq hal 122
2.        Ummu al-Baraahiin hal 75
3.        Ibnu Aqil
واشتراك المخلوق مع الخالق في الاتصاف بالرحمة ونحوها إنما هو اشتراك لفظي مثل أن يقال: إن الله موجود والمخلوق موجود، والفرق بين الوجودين: أن وجود الله ذاتي أزلي أبدي ووجود المخلوق استمده من الخالق وهو وجود محدود ببداية ونهاية وغير ذلك].  (السباق الى العقول ًص ١٢٢)

 Terjemah : Persamaan makhluk beserta Kholiq didalam persifatannya Rohmah dll itu hanya persamaan lafadz saja seperti ucapan :Bahwasanya Alloh itu maujud dan makhluk itu maujud. Perbedaan diantara kedua wjud itu adalah bahwasanya wujud Alloh adalah wujud Dzati Azaly (tidak ada permulaan) Abady (tidak ada akhir) sedangkan wujudnya makhluk itu berasal dari Kholiq yakni wujud yang dibatasi dengan permulaan dan akhiran dan lainya.
(قوله فيقال ذات مولانا جل و عز موجودة ) فيه ان هذا من باب الاخبار لا من باب الوصف قيكون الوجود وقع محكوما به لا صفة لها. )ام البراهين للشيخ الدسوق ص ۷٥(
Terjemah  : Kata pengarang,’’Dikatakan bahwa Dzat Alloh itu maujudah” demikian itu termasuk bab ikhbar (memberitahukan bahwa Alloh itu ada),tidak termasuk bab washf (mensifati Dzat Alloh),sehingga الوجود  berfungsi sebagai mahkum bih untuk Dzat,bukan sebagai sifat.
ابن عقيل : وَكُلُّ ماَ قُرِّرَ لاِسْمِ فَاعِلٍ  #   يُعْطَى اسمَ مَفْعُوْلٍ بِلاَ تَفَاضُلِ
Ibnu Aqiil : Setiap ketentuan yang ditetapkan untuk isim fa’il diberlakukan pula untuk isim maf’ul (dalam hal tertentu)

10 komentar:

  1. شكراا كثيرا Lbmnu mojo koerto...👍👍👍👍

    BalasHapus
  2. Syukron atas penjelasannya Lbmnu mojo kerto

    BalasHapus
  3. شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,, Terimakasih atas penjelasannya.. sangat membantu :D

    BalasHapus
  4. شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,,شكراا كثيرا,, Terimakasih atas penjelasannya.. sangat membantu :D

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas penjelasan nya Allah maha mengetahui

    BalasHapus